The Inclusive Multiculture School
 
 

CURRICULUM

KURIKULUM  SEKOLAH  LITTLE  FINGERS

 a. Kurikulum dan Metode Pembelajaran

Little Fingers mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) PAUD 2013 dengan pengembangan pada tema yang disesuaikan dengan kebutuhan anak dan konteks sekolah, keluarga dan kebiasannya, budaya Indonesia, budaya internasional, nilai-nilai moral dan religiusitas, keberagaman, latar belakang social dan ekonomi, serta perkembangan pendidikan secara umum.

Little Fingers menggunakan pendekatan BCCT (Beyond Centers and Circle Time) serta Inkuiri, dimana anak-anak akan menguasai pengetahuan berdasarkan pengalaman nyata dalam proses belajarnya serta mampu menemukan sebuah  konsep berdasarkan pengalamannya.

Dalam proses belajar di Little Fingers anak tidak hanya diajak untuk mengembangkan aspek  kognisinya saja, seperti mengenal bentuk, huruf, angka, konsep ruang, konsep matematis dan konsep sains, namun anak-anak juga banyak dikenalkan dengan aspek life skill dan good kindness value universal seperti menghargai perbedaan, saling membantu, mandiri, menjaga kebersihan, dan menjaga alam. Dalam prakteknya anak-anak tidak hanya melakukan paper and pencil di dalam kelas saja, namun juga  banyak melakukan kegiatan outdoor yang mengkombinasikan ketrampilan motorik kasar dan motorik halus anak dengan melakukan banyak eksperimen, game, praktek membuat sesuatu hand on activity , trip dan lainnya yang semakin menunjang perkembangan anak secara utuh.

Aspek yang dievaluasi dan dibuat dalam laporan murid setiap enam bulan sekali atau setiap semester adalah Personal , Emotional Development, Social, Moral, Math and Science Cognitive, Physical Development, Music, Language Skills , Practical Life Training, Art, dan Indonesian Culture.

Dalam penerimaan laporan hasil belajar siswa, Little Fingers mengajak anak ikut mempresentasikan di depan orangtua hasil belajarnya selama satu semester dengan istilah Exit Point, baik pada semester satu dan semester dua. Sedangkan dalam setahun atau setiap akhir Tahun Ajaran anak-anak  akan menampilkan performance kegiatan ekstra kulikuler selama satu Tahun Ajaran.

b. Silabus Tematik

Tematik Sem 1 Pengembangan Tema Tematik Sem 2 Pengembangan Tema
My Self Mengenal diri , cara merawat diri, menghargai, menumbuhkan kepercayaan diri Invention Mengenal berbagai penemuan, nama penemu, manfaat dan cara menggunakannya
My Environment Mengenal lingkungan, menjaga lingkungan, berbuat baik untuk lingkungan Food and Baverage Mengenal berbagai makanan dan minuman sehat, kandungan vitamin, cara mengkonsumsi
Public Places Mengenal tempat umum, manfaat, oring yang ada di lingkungan public places Transportation and Occupation Mengenal berbagai sarana transportasi darat, laut, udara dan air, orang yang bekerja di sarana transportasi
Plants Mengenal berbagai tanaman, bentuk, buahnya, bunganya, manfaat, cara menanam dan merawat tanaman Indonesian Culture Mengenal berbagai budaya Indonesia, pulau-pulau di Indonesia, suku, pakaian khas, adat istiadat
Animal Mengenal binatang, membedakan binatang darat, laut, peliharaan dan binatang yang hidup di kebun binatang, makanan kesukaan, cara merawat Around the Word Mengenal berbagai hal yang ada di dunia, benua, lautan, pulau, kultur berbagai Negara besar
Nature and Earth Mengenal bagian dari alam, pegunungan , lautan, daratan ,bencana alam dan  langit dan tata surya Water, Air , and Fire Mengenal apa itu air, api dan udara, manfaatnya serta bahayanya, serta cara menjaganya agar tetap bisa dimanfaatkan

c. Jadwal Pembelajaran

A. Kelas Grow, Smart, and Kindness (Kelompok Usia 3 – 6 tahun)

Day Subject
Monday Math
Tuesday English
Wednesday Science
Thursday Bahasa Indonesia
Friday Religion
Art and Indonesian Culture
Friday after school Ekstrakulikuler:

Batik

Lukis

Menyanyi

Menari

Theater

B. Kelas Cheerful, Joyfull and Happyness (Kelompok Usia 2 – 3 tahun)

Time Table Cheerful, Joyfull, and Happyness

Time Baby Class Activity Nursery Activity
07.00 Free play Free play
09.00 Aktifitas Belajar Aktifitas Belajar
10.00 Snack dan minum susu Snack dan  minum susu
10.30 Makan siang
11.30 Ganti baju tidur siang Makan siang
12.00 Ganti baju dan tidur siang
14.15 Snack sore atau makan sore Snack sore
14.30 Mandi sore Mandi sore
15.00 Minum susu dan tidur Minum susu
15.15 Free play Free play

d. Program Kegiatan Sekolah Holistik Integratif

Program sekolah ini merupakan program rutin sesuai dengan Kalender Akademik sekolah

  1. Trip :belajar ke tempat-tempat yang bisa menjadi sumber belajar anak
  2. Resource person: mengundang nara sumber dengan pengetahuan dan ketrampilan spesifik untuk jadi sumber belajar bagi anak, mis: pilot, penari, wartawan, dan lainnya.
  3. Multiage Class: bergabung dengan kelas yang lebih tinggi atau rendah untuk mengembangkan ketrampilan tertentu, kemampuan peer tutoring, kerjasama, bahasa, ataupun saat kegiatan sekolah.
  4. Home Visit: mengunjungi rumah anak yang dalam rangka keperluan belajar maupun untuk keperluan pendekatan personal.
  5. Dentist and Health Visit: kunjungan dokter ke sekolah untuk pemeriksaan scanning kesehatan anak.
  6. School Event : adalah agenda pilihan sekolah, dimana sekolah memilih hari hari peringatan penting, baik internasional maupun nasional untuk dikenalkan kepada anak akan makna hari penting tersebut.
  7. Parenting : merupakan program rutin sekolah pada awal semester dan atau jika diperlukan sewaktu-waktu tergantung kebutuhan anak yang memerlukan diskusi terkait serta untuk memberikan pengalaman belajar menjadi orangtua yang kooperatif pada perkembangan anak.

(Lampiran 6)

e. Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan Ekstrakulikuler dilaksanakan setiap hari Kamis dan Jumat pukul 10.15- 11.00 atau setelah anak pulang sekolah. Adapun kegiatan Ekstrakulikuler yang diberikan di sekolah adalah:

  • Batik
  • Melukis
  • Menyanyi
  • Menari
  • Theather

Top